Video Pembelajaran Luas Bangun Datar Kelas VII SMP dengan Pendekatan Saintifik (Kurikulum 2013)

jam

oleh : Ahmad Wachidul Kohar

Pada umumnya, belajar luas segiempat selalu diawali dengan penggunaan matematika formal seperti pengenalan rumus luas masing-masing bangun datar. Sebagai contoh, untuk mengajarkan luas persegi panjang, siswa diarahkan untuk menghafal bahwa luas daerah persegi panjang adalah panjang dikali lebar, demikian juga dengan luas persegi adalah sisi x sisi. Pengenalan rumus yang terlalu dini tanpa disertai pengembangan terhadap konsep luas bangun datar itu sendiri, tentu akan membawa beberapa dampak kesalahan siswa.  Menurut van de walle (2008) kesalahan yang umum dilakukan siswa adalah tertukarnya rumus untuk luas dan keliling bangun datar. Selain itu,  menurut pengalaman Olivia, Denianti,&Meiliasari (2013), siswa sebenarnya cukup memahami mengenai konsep luas namun siswa tidak memahami bagaimana rumus luas bangun datar segiempat (terutama jajargenjang, belah ketupat, layang-layang, dan trapesium) terbentuk. Selain itu, terdapat beberapa siswa yang lupa rumus luas segiempat sehingga tidak dapat menyelesaikan soal pretest yang diberikan.

Dengan alasan itulah, perlu dikembangkan desain pembelajaran luas bangun datar yang dapat mengembangkan pemahaman konsep luas bangun datar. Dalam desain pembelajaran kali ini, penulis mencoba menyusun langkah-langkah pembelajaran luas bangun datar mulai dari membandingkan luas bangun datar tidak beraturan, menghitung luas bangun datar dengan menggunakan persegi satuan, memotong model segiempat menjadi beberapa bagian tertentu dan menyusunnya kembali menjadi model segiempat lain yang berbeda bentuk maupun ukurannya. Namun, dalam desain ini penulis tidak sampai menyusun pembelajaran untuk menemukan rumus luas segiempat. Konteks yang digunakan dalam masalah yang diajukan kepada siswa adalah permasalahan luas permukaan jam dinding kayu jati (Lihat gambar), penentuan model gantungan kunci berbentuk segiempat yang memiliki harga sama dengan strategi reallotment , dan penentuan harga gantungan kunci yang masuk akal untuk model segiempat dengan ukuran tertentu.

Sebagai gambaran, penulis melampirkan RPP dan LAS (Lembar Aktivitas Siswa) yang menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik) seperti yang diamanatkan dalam kurikulum 2013 pembelajaran matematika SMP. Selain itu, pembaca juga dapat melihat hasil implementasi pembelajaran dengan desain ini dalam video berikut ini. Pembelajaran dilaksanakan pada Senin, 6 Januari 2014 di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Palembang. Selamat menyaksikan. Semoga bermanfaat. Mohon kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan desain pembelajaran selanjutnya. Terima kasih.

Perangkat pembelajaran: RPP (download), Lembar Aktivitas Siswa (LAS) (download)

Referensi: 

Olivia, C.,Deniyanti, P., dan Meiliasari (2013).Mengembangkan Pemahaman Relasional Siswa mengenai Luas Bangun Datar Segiempat dengan Pendekatan PMRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika UNY, 9 November 2013.

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on January 15, 2014, in Class Observation, Math Articles, Realistics Mathematics Education and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: