Desain Soal Matematika Model Open-Ended, TIMMS, dan PISA

Jika kita mencermati buku-buku teks matematika untuk siswa yang digunakan di sekolah-sekolah, termasuk buku-buku yang sudah lolos dari penilaian BSNP, maka tidak mudah untuk menemukan soal-soal latihan yang karakteristiknya seperti soal-soal di TIMSS dan PISA maupun open-ended. Padahal, karakteristik dari ketiga jenis soal tersebut membuka peluang siswa untuk mengeksplorasi pemahaman mereka terhadap matematika melalui proses pemecahan masalah dan berbagai kemampuan matematika lain seperti pemodelan, berpikir kritis dan kreatif, komunikasi matematis, serta penalaran.

Berbagai manfaat penggunaan soal terbuka dikemukakan oleh Sawada dalam proses pembalajaran Shimada (1997). Menurutnya, terdapat beberapa manfaat penggunan soal terbuka, dintaranya adalah siswa dapat berpartisipasi secara lebih aktif dalam pembelajaran dan mengekspresikan ide-ide mereka secara lebih intensif, dan siswa mempunyai kesempatan  lebih  untuk  menggunakan  pengetahuan dan keterampilannya secara komprehensif dan berkesempatan untuk lebih mengembangkan penalarannya. Sementara itu, soal jenis PISA mempunyai manfaat untuk mengembangkan kemampuan literasi seseorang, yaitu kemampuan untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan, atau memperkirakan fenomena/kejadian (OECD, 2010).

Kemampuan-kemampuan matematika yang diharapkan muncul melalui penggunaan jenis soal open-ended, PISA, dan TIMSS dapat dipenuhi melalui kegiatan mrnyelesaian soal, karena kegiatan ini merupakan sarana kuat dan efektif dalam belajar. Hal ini sesuai dengan standar yang tertulis pada standar NCTM (Walle, 2007) yang menyatakan bahwa penyelesaian soal bukan hanya sebagai tujuan dari belajar matematika, tetapi juga merupakan alat utama untuk belajar matematika. Penyelesaian soal merupakan bagian yang tak terpisahkan dari semua proses belajar matematika, sehingga seharusnya tidak dijadikan sebagai bagian yang tak terpisah dari program pengajaran matematika. Hal ini mengindikasikan bahwa soal matematika tidak seharusnya selalu ditempatkan di setiap akhir pembelajaran untuk mengukur ketercapaian belajar siswa saja, namun soal bisa dijadikan sebagai bahan yang dibahas pada saat pembelajaran.

Oleh karena alasan-alasan di atas, maka perlu dikembangkan soal-soal open-ended, PISA, dan TIMSS dengan yang pada nantinya soal ini bisa dijadikan baik sebagai bahan evaluasi ketercapaian siswa dalam program pembelajaran maupun sebagai bahan materi ajar yang didiskusikan selama pembelajaran. Untuk itu, penulis mendesain dan mengembangkan beberapa soal jenis ini melalui serangkaian proses pengembangan.

Berikut ini disajikan enam soal matematika yang telah penulis kembangkan setelah melalui beberapa revisi berdasarkan beberapa masukan dari validator teman sejawat. Untuk memperoleh pandangan yang lebih baik tentang karakteristik dari ketiga jenis soal ini, pembaca silahkan mencoba menyelesaikan soal-soal ini, dan bila perlu silahkan mendiskusikan dengan teman, guru, ataupun peminat soal matematika sekolah. Penulis juga mengharapkan kritik/saran dari pembaca terhdap struktur soal, bahasa, maupun konten matematika yang ada pada tiap soal yang telah didesain melalui komentar di tulisan ini. Terima kasih. Selamat Mencoba..!!

soal 1

soal 2

soal 3

soal 4

soal 5

soal 6

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on August 20, 2013, in Assessment in Math Education, For Students, For Teachers, Math Problems and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: