Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan

Jenis-jenis penelitian dapat dikelompokkan menurut tujuan, fungsi, pendekatan, metode, tingkat eksplanasi, bidang ilmu, dan menurut data dan analisisnya. Berikut ini penjelasan masing-masing kelompok tersebut.

A.    Penelitian ditinjau dari Tujuan

1.        Penelitian Eksploratif

Bertujuan untuk mengungkap secara luas dan mendalam tentang sebab-sebab dan hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.

Contoh: Penelitian yang dilakukan oleh tim evaluasi dari dinas pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah suatu madrasah dalam upaya memajukan sekolahnya. Contoh lain misalnya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penyebab banyaknya anak putus sekolah di sebuah sekolah secara berturut-turut, terutama siswa kelas VI.

2.        Penelitian Pengembangan (developmental)

Bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan suatu prototipe baru atau yang sudah ada dalam rangka penyempurnaan dan pengembangan sehingga diperoleh hasil yang lebih produktif, efektif dan efisien.

Contoh: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PMRI Pada Materi Lingkaran yang bertujuan menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran seperti buku ajar, LKS, instrumen penilaian, dan lain-lain sebagai hasil dari penelitian pengembagan.

3.        Penelitian Verifikatif

Bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian yang dilakukan terdahulu/ sebelumnya.

Contoh: Pada tahun 1970 diadakan penelitian tentang rasa solidaritas rakyat pedesaan dan dihasilkan suatu kesimpulan. Dua tahun kemudian, peneliti lain mengadakan penelitian yang sama dengan tujuan mengecek kebenaran hasil penelitian sebelumnya

4.        Penelitian Kebijakan

Penelitian yang dilakukan suatu institusi/lembaga dengan tujuan untuk membuat langkah-langkah antisipatif guna mengatasi permasalahan yang mungkin timbul di kemudian hari.

Sebagai contoh, sebuah sekolah mengadakan upaya untuk meningkatkan disiplin warga sekolah. Setelah ditemukan strategi yang diperkirakan paling tepat, sekolah tersebut menyebarkan angket kepada para warga sekolah untuk menayakan usul-usul guna mengefektifkan strategi yang dimaksud. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data angket tersebut digunakan oleh sekolah tersebut untuk menentukan kebijakan yang akan diambil untuk meningkatkan disiplin warga sekolah tersebut.

Selengkapnya,download artikel ini di sini

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on April 16, 2013, in Articles, Research in Mathematics Education and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: