Strategi Pemecahan Masalah: Lakukan Analisis dari Jawaban yang dikehendaki (Working backwards)

Ketika seseorang merencanakan suatu jadwal untuk bermacam-macam tugas yang harus diselesaikan dengan waktu tertentu, ia sering memulai berpikir tentang apa yang harus dilakukan,  waktu pada saat semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh masing-masing pekerjaan tersebut. Ia biasanya  kemudian akan mengalokasikan waktu yang cukup untuk masing-masing tugas mulai dari waktu target selesai sampai tiba pada waktu ketika pekerjaan dimulai. Hal ini berarti orang tersebut telah melakukan analisis dari hal (waktu) yang ia kehendaki (working backwards). Strategi ini biasanya juga banyak digunakan dalam proses investigasi suatu masalah seperti yang biasa dilakukan oleh polisi yang mulai bertanya tentang penyebab terjadinya sebuah kecelakaan mobil. Polisi akan menginvestigasi mulai dari tepat jam berapa  kecelakaan itu terjadi, mobil yang bagaimana yang saling bertabrakan, siapa menabrak siapa, sopir mobil yang mana yang terlihat melanggar aturan lalu lintas, dan seterusnya sampai polisi dapat mengkonstruksi kembali runtutan kejadian dengan benar.

Untuk melakukan strategi working backward,  seseorang bisa mulai berangkat dari kesimpulan yang diharapkan sebagai titik awal (starting point) sampai pada titik dimana informasi yang diberikan dari masalah itu tercapai, yang kemudian  dilanjutkan sampai ia tahu  harus mulai dari mana langkah menyelesaikan masalah tersebut. Memang strategi ini bukan satu-satunya jalan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan semua masalah. Kenyataannya, strategi bekerja secara langsung mulai dari yang diketahui sampai tercapai solusi (working forward)  masih banyak digunakan di banyak penyelesaian masalah. Namun, strategi working backward biasnya lebih efisien, lebih menarik, dan lebih memuaskan untuk beberapa jenis masalah.

Lalu, bagaimana menerapkan strategi ini untuk menyelesaikan permasalahan matematika? Berikut ini disajikan beberapa contoh penyelesaian masalah matematika yang menggunakan strategi working backward.

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on January 3, 2013, in Problem Solving and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: