Web Based Lesson: Penyelesaian Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) dengan Menggunakan Applet “Algebra Balance Scales”

Sumber gambar: matematikasmpkelas7.blogspot.com

Menyelesaikan persamaan linear satu variabel sering menjadi topik yang susah bagi siswa. Apalagi, ketika siswa langsung dihadapkan dengan persamaan aljabar dengan variabel-variabel yang tidak dimengerti maknanya. Kesulitan ini semakin terbukti ketika siswa dihadapkan dengan sebuah soal cerita yang tidak mereka ketahui bagaimana mencari jawabannya. Walaupun sebenarnya persamaan aljabar bisa membantu memodelkan masalah tersebut, bagi beberapa siswa, cara ini sulit untuk dilakukan karena mereka sering mengalami kesulitan memodelkan soal cerita tersebut ke dalam persamaan aljabar.  Oleh karena itu, pemahaman terhadap pemodelan soal cerita dengan menggunakan persamaan aljabar perlu ditanamkan dengan benar kepada siswa.

Dalam tulisan kali ini, penulis menyusun materi belajar dalam format web based lesson (pembelajaran berbantuan internet) untuk materi Penyelesaian Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) yang menurut KTSP 2006 diajarkan di kelas VII SMP semester 1. Dalam materi ini,  topik PLSV berangkat dari dua masalah, yaitu masalah “Tebakan timbangan kelereng” dan “Cerita dua katak si Komo dan si Doo”. Tujuan dari munculnya kedua masalah ini adalah siswa mampu memodelkannya ke dalam persamaan-persamaan linear untuk kemudian menemukan solusinya. Untuk memahami konsep persamaan linear, siswa dapat belajar memainkan game “Weigh It Up”. Sedangkan, untuk memodelkan ke dalam persamaan linear, siswa dapat menggunakan applet yang terdiri dua macam, yaitu applet 1 : “Algebra Balance Scales” untuk persamaan linear yang tidak mengandung tanda negatif, dan applet 2: “Algebra Balance Scales-Negatives” untuk persamaan linear yang mengandung tanda negatif.

Masalah 1

Tebakan Timbangan Kelereng

Koko dan Inem bermain tebak-tebakan dengan menggunakan beberapa bungkus plastik hitam, beberapa buah kelereng, dan sebuah timbangan.

Permainan 1:

Koko memasukkan beberapa kelereng dalam jumlah yang sama ke dalam dua bungkus plastik, kemudian meletakkannya di atas sisi kanan timbangan yang sudah diletakkan pula 3 buah kelereng secara terpisah. Di sisi kiri, Koko meletakkan sebuah bungkus plastik berisi kelereng yang jumlahnya sama dengan masing-masing plastik di sisi kanan. Agar seimbang, ternyata Koko perlu menambahkan 7 kelereng lagi di sisi kiri. Tugas Inem adalah menebak berapa banyak kelereng yang ada di masing-masing bungkus plastik?

Masalah 1

Bantulah Inem menebaknya. Jelaskan cara yang mungkin bisa digunakan.

Baca selanjutnya…

Permainan 2:

Sekarang, Inem yang mempunyai giliran membuat Permainan. Seperti Koko, Inem memasukkan sejumlah kelereng ke dalam beberapa bungkus plastik dalam jumlah yang sama. Lalu, ia meletakkan 4 bungkus plastiknya di atas sisi kanan timbangan bersama dengan 2 buah kelereng dan 2 bungkus plastik bersama 12 buah kelereng agar timbangan seimbang. Koko kemudian mencoba untuk menebaknya.

masalah 2

Bagaimana cara yang mungkin bisa digunakan Koko?

Masalah 2

Cerita dua ekor katak

Katak ular

Dua ekor katak, Komo dan Doo, sedang dikejar oleh seekor ular yang hendak memangsa mereka. Pada saat mulai dikejar, Komo berada 3 meter di depan ular, sedangkan Doo berada 1 meter di belakang  Komo. Mengetahui mereka sedang dalam bahaya, kedua katak itu melompat menjauh dari ular. Komo melompat sebanyak 12 kali dan Doo melompat 17 kali sebelum akhirnya mereka bertemu di titik yang sama dan akhirnya ular itu pergi.

  1. Jika masing-masing jarak setiap lompatan kedua katak tersebut sama, berapakah jarak setiap lompatan tersebut?
  2. Jika ular tersebut berhasil menangkap mereka, berapa jarak yang ditempuh ular tersebut selama pengejaran?

 

Berikut ini adalah tampilan game dan applet yang bisa digunakan untuk membantu memodelkan dan menyelesaikan kedua masalah di atas.
weigh

Game Weigh it Up : Mainkan

scales

Applet 1 “Algebra Balance Scales” : Mainkan

applet negative

Applet 2 “Algebra Balance Scales-Negatives”: Mainkan

Untuk mempelajari bagaimana proses penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan menggunakan applet di atas, Anda bisa menggunakan materi web based lesson berikut ini.

Klik di sini untuk mengunduh file berikut ini.

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on December 26, 2012, in For Students, For Teachers, ICT in Mathematics Education and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. wah, sangat membantu nih… ijin share yaa..

    btw bang, koko & inem tuh kayaknya mirip nama teman kuliah saya dulu..😀

  2. izin copas ya bang qohar. membantu sekali😀

  3. izin mengunduh kak 😊

  1. Pingback: Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV) | Keep Calm and Love Math!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: