Desain Pembelajaran PMRI 3: Membelajarkan Luas Layang-Layang Melalui Pendekatan Luas Persegi Panjang dengan Konteks Festival Layang-Layang

Oleh:
Ahmad Wachidul Kohar
Fanni Fatoni
Wisnu Siwi Satiti
bangwachid@gmail.com, fan_math05@yahoo.co.id, siwi.wisnu@gmail.com

I.Pendahuluan

     Salah satu materi pembelajaran Matematika di tingkat sekolah dasar kelas V semester I adalah geometri, pokok bahasan bangun datar, sub pokok bahasan luas layang-layang. Van
Hiele (dalam The Child’s Thought and Geometry) menjelaskan bahwa hal pertama pada pembelajaran geometri adalah bagaimana agar siswa dapat memvisualisasikan dan mengenali bangun geometri sesuai dengan sifatnya. Van Hiele menambahkan bahwa fase pertama dalam proses pengajaran adalah inkuiri: siswa mempelajari konsep dengan melakukan investigasi melalui bahan atau model yang diberikan pada siswa. Bahan atau model tersebut akan mengarahkan siswa untuk menemukan konsep.
Siswa kelas V sekolah dasar, umumnya berada pada rentang usia 10-12 tahun. Menurut Piaget, pada rentang usia tersebut siswa berada pada tahap berpikir operasional konkrit. Tahap ini merupakan tahap yang menentukan perkembangan kognitif anak, karena tahap ini menandai awal pemikiran logis atau operasional pada anak. Piaget menjelaskan bahwa pada tahap ini anak cukup mampu menggunakan pemikiran logis atau operasi, tetapi mereka hanya bisa menerapkan hal tersebut pada benda konkrit.

    Berdasarkan teory belajar geometri yang dikemukakan Van Hiele: visualisasi dan inkuiri, serta teori Piaget tentang tahap operasional konkrit pada siswa kelas V (usia 10-12 tahun), tim peneliti bersama dengan guru kelas V SD Negeri 1 Palembang mendesain pembelajaran untuk materi luas layang-layang. Pada pembelajaran ini siswa melakukan investigasi dan eksplorasi melalui bahan yang disediakan. Siswa menggunakan benda konkrit (layang-layang, potongan kertas yang berbentuk bangun datar segitiga) sesuai dengan konteks yang disediakan.   Pembelajaran diawali dengan pemberian masalah dari konteks bermain layang-layang.        Selanjutnya siswa diarahkan untuk menvisualisasaikan bangun datar layang-layang sesuai dengan sifatnya dengan bantuan benda konkrit dari kehidupan sehari-hari siswa, yaitu layang-layang (permainan). Benda-benda konkrit sebagai bahan investigasi dan eksplorasi  siswa merupakan jembatan dari konsep matematika dalam konteks kehidupan nyata ke tahap berpikir logis dan operasional. Dengan bekerja di dalam kelompok menggunakan lembar kerja kelompok, siswa dibimbing untuk membangun pemahaman se cara mandiri tentang konsep luas layang-layang.

II. Tujuan Observasi

Tujuan dari kegiatan observasi ini adalah.

1. Mendeskripsikan pembelajaran layang-layang dengan pendekatan PMRI melalui  aktivitas penyusunan model layang-layang menggunakan potongan segitiga berbagai  ukuran.
2. Mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan PMRI untuk menemukan rumus luas layang-layang menggunakan pendekatan luas persegi panjang.

III. Deskripsi kegiatan Pembelajaran

Materi pada pembelajaran ini adalah luas bangun datar layang-layang. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Palembang. Adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah preliminary design (analisis kurikulum dan penentuan indikator dan tujuan pembelajaran), dilanjutkan dengan teaching experiment (penerapan/desain pembelajaran) dan melakukan retrospective analysis (refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan) yang akan di diskripsikan sebagai berikut.

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapat diunduh di sini.

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on November 28, 2012, in Class Observation, Realistics Mathematics Education and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: