Desain Pembelajaran PMRI 2: Hubungan Antar Satuan Berat di Kelas 3A SD Negeri 117 Palembang

Oleh:

Ahmad Wachidul Kohar 1), Fanni Fatoni 2, Wisnu Siwi Satiti 3)

A.  Pendahuluan

   Konsep-konsep pengukuran dalam kurikulum  matematika SD berhubungan dengan kegiatan membandingkan apa yang diukur dengan apa yang menjadi satuan ukuran standar. Menurut Pujiati (2004), pengalaman siswa yang cukup dalam mengukur akan membantu mengembangkan keterampilan siswa dalam kegiatan pengukuran. Salah satu  pengalaman yang dapat diajarkan kepada siswa adalah pengenalan terhadap alat ukur seperti timbangan untuk satuan berat, mistar untuk satuan panjang, dan gelas ukur untuk satuan volume.

    Dengan mengenal dan mencoba secara langsung penggunaan alat-alat ukur tersebut, siswa tidak akan hanya mengetahui aplikasi praktis dari keterampilan menghitung yang telah dipelajarinya, tetapi juga akan berguna terhadap kualitas pemahaman mereka terhadap hubungan keterampilan mengukur dengan bidang lain seperti sains yang lebih banyak membutuhkan keterampilan ini.

     Dalam PMRI, pengenalan penggunaan alat ukur dapat dijadikan sebagai konteks untuk memulai mengajarkan hubungan antar satuan berat. Manfaat penggunaan konteks ini di awal pembelajaran seperti yang diungkapkan  Wijaya (2011) bahwa konteks dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa dalam belajar matematika. Hal ini dikarenakan siswa diperkenalkan hal baru yang ada kaitannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Rincian deskripsi desain pembelajaran dan implementasinya dalam kelas, selengkapnya bisa didownload di sini

1.versi Bahasa Indonesia (download)

2. versi Bahasa Inggris (download)

3. RPP Pengukuran Berat (download)

4. Lembar Kerja Kelompok (LKK) (download)

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on November 20, 2012, in Class Observation, Realistics Mathematics Education and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: