Membumikan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama

oleh : Ahmad Wachidul kohar

Penekanan terhadap pendidikan nilai merupakan bagian penting yang sering terlupakan dalam proses pendidikan selama ini. Padahal substansi dari pendidikan itu sendiri adalah proses untuk mengembangkan watak optimisme dalam diri manusia, memberikan kesadaran kritis agar manusia mampu mengembangkan penalaran, memanggil kepada manusia akan kebenaran hakiki, dan memberikan pencerahan iman serta akal budi manusia.

Pendidikan nilai perlu diajarkan di sekolah melalui semua mata pelajaran termasuk matematika. Selain menjadi lebih bermakna, matematika yang diajarkan di SMP akan berkontribusi dalam pendidikan nilai di sekolah.

Pendidikan nilai dapat dilakukan dalam proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran yang tidak hanya mampu mengantarkan siswa pada ketercapaian pengetahuan (domain kognitif) saja, tetapi juga ketercapaian pemahaman dan penerapan nilai-nilai. Pembelajaran nilai yang dirumuskan guru tidak serta merta dapat diterapkan ke semua mata pelajaran di sekolah. Hal ini berhubungan dengan karakteristik mata pelajaran masing-masing. Mata pelajaran yang ada bisa diberdayakan agar memberi kontribusi besar dalam pembelajaran nilai sehingga pada akhirnya pembelajaran nilai tidak hanya dibebankan pada mata pelajaran seperti pendidikan agama dan pendidikan kewarganegaraan saja, tetapi juga dapat dibebankan pada semua mata pelajaran.

Mata pelajaran matematika sebagai mata pelajaran pokok di sekolah harus mampu menjawab tantangan bahwa pendidikan nilai dapat diajarkan melalui pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika harus lebih diberdayakan untuk mendukung pengembangan pribadi siswa. Pembelajaran matematika seharusnya tidak hanya diorientasikan pada penguasaan materi saja, tetapi perlu diubah terbuka menyentuh dimensi luas sehingga berkontribusi lebih besar dalam pendidikan nilai di sekolah.

Tantangan bagi guru matematika sekarang adalah bagaimana merumuskan dan melaksanakan pembelajaran matematika di kelas yang mengarah pada ketercapaian pendidikan nilai. Padahal banyak orang yang menganggap bahwa matematika merupakan disiplin ilmu yang miskin nilai. Sementara itu pendidikan nilai merupakan sebuah urgensi yang perlu diprioritaskan untuk diajarkan kepada siswa (dalam hal ini siswa SMP) yang berada pada masa krisis identitas.

Nilai-nilai yang terdapat dalam matematika SMP yang mungkin dapat diintegrasikan dalam setiap pembelajaran matematika adalah memahami pentingnya kesepakatan,hati-hati dalam bertindak ,teliti dalam berbuat, hemat menggunakan sumber daya yang ada, memahami kerugian berjudi, bermanfaat , konsisten dalam berbuat, menggunakan pola pikir deduktif, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, jujur dalam bertindak, meningkatkan ikatan persaudaraan, tolong menolong dalam kebaikan, membangun nilai estetika, memahami pentingnya toleransi, dan fleksibel dalam memecahkan suatu masalah.

Note: Untuk melihat deskripsi bagaimana nilai dalam matematika SMP bisa diintegrasikan dalam pembelajaran, pembaca bisa mendownload file berikut ini. (download)

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on November 14, 2012, in Articles, Math Articles and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: