The Miracles of Bee

Temukan keajaiban-keajaiban dari kehidupan lebah madu,termasuk kaitannya dengan matematika dalam artikel berikut ini:

LEBAH MADU DALAM AL-QURAN : INSPIRASI HIDUP
BERIMAN DALAM PENDEKATAN ILMU PENGETAHUAN
Oleh :
Ahmad Wachidul Kohar

      Allah SWT menciptakan alam sebelum kitab-kitab yang berisi wahyu yang disampaikan kepada manusia lewat rosul-rosul-Nya. Selain ayat kauliyah yang ditulis melalui kitab-kitab itu, Allah telah menunjukkan kebesaran-Nya di alam semesta (ayat kauniyyah). Manusia dihantar ke bumi untuk ditugaskan sebagai kholifah, bertugas memelihara bumi dan seisinya dengan baik. Manusia dibekali mata, telinga, pikiran, dan seluruh indera agar mereka mampu mengenal alam dan akhirnya dapat bertafakur untuk mengenal Pencipta Alam. Dengan demikian,manusia dapat memahami bagaimana seharusnya hidup untuk beriman.

       Lebah madu adalah salah satu dari sekian banyak makhluk hidup yang dibekali Allah kemampuan lebih untuk hidup. Mereka mampu berorganisasi dengan baik di sarangnya. Kemampuan lain yang dimiliki lebah madu adalah kemampuan membuat sarang dengan memilih bentuk geometri yang cocok yaitu bentuk heksagonal pada sel-sel sarangnya. Dalam berhubungan dengan sesama lebah, mereka juga menggunakan komunikasi yang efektif. Produk yang  dihasilkan lebah seperti madu, lilin, propolis royal jelly, dan beevenom tidak hanya berguna bagi koloninya sendiri, tetapi juga berguna bagi manusia.
Dalam karya tulis ini akan penulis sajikan inspirasi yang dapat kita peroleh dari kehidupan lebah madu untuk meningkatkan keimanan kepada Allah. Metode yang penulis gunakan dalam pemerolehan inspirasi ini adalah dengan mengkaji kajian ilmiah dan al-Quran dari kehidupan lebah madu secara deskriptif, kemudian menganalisis sifat-sifat lebah madu yang dapat diambil pelajaran bagi manusia dengan menghubungkannya dengan konteks kehidupan manusia dari sisi ilmu pengetahuan di bidang ilmu matematika, sosial, ekonomi, politik, sains, seni, dan pendidikan.
Dari penciptaan lebah madu, dapat kita ambil inspirasi untuk hidup beriman dalam pendekatan ilmu pengetahuan. Pertama, melalui kajian Matematika, lebah mengajarkan sikap efektif dan efisien. Kedua, dalam bidang ekonomi, lebah mengajak untuk berprinsip ekonomi dan menjadikan peternakan lebah sebagai salah satu sumber ekonomi masyarakat. Ketiga, melalui kajian ilmu sosial, lebah mengajak untuk menerapkan manajemen organisasi yang baik dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah. Keempat, melalui kajian politik,lebah menuntun kita untuk berpolitik dengan akhlak yang baik serta menjadi pemimpin dan rakyat yang beriman. Kelima, dalam bidang sains, lebah mengajak bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah dan dapat bersikap produktif dan bermanfaat. Keenam, dalam bidang pendidikan, materi tentang pelajaran moral pada lebah madu dapat diselipkan pada mata pelajaran terkait di sekolah. Ketujuh, dalam bidang seni, lebah banyak memberikan inspirasi kepada manusia untuk membuat karya seni bangunan yang indah.

Untuk membaca artikel ini selengkapnya, dapat di download di sini.

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on October 16, 2012, in Articles. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: