PEMBELAJARAN BALOK DAN KUBUS YANG MELIBATKAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) DI KELAS VIII RSBI-SMP

Ahmad Wachidul Kohar 1 dan Abdul Haris Rosyidi 2

Jurusan Matematika, FMIPA Unesa, Surabaya

bangwachid@gmail.com

ABSTRAK 

Teori kecerdasan majemuk yang diungkapkan Gardner menjelaskan bahwa seorang siswa akan dapat mempelajari suatu materi dengan baik apabila materi tersebut disampaikan sesuai dengan kecerdasan yang menonjol pada siswa tersebut. Oleh karena kecerdasan siswa beragam, dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk dapat memfasilitasi  setiap kecerdasan yang ada. Asas pembelajaran di RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) mengamanatkan untuk melibatkan kecerdasan majemuk dalam proses pembelajaran matematika. Makalah ini mencoba mendeskripsikan aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan pada materi balok dan kubus di kelas VIII RSBI-SMP  yang melibatkan delapan jenis kecerdasan majemuk, yaitu kecerdasan verbal/linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual/spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Beberapa aktivitas yang dimaksud adalah berkunjung ke pos-pos informasi untuk mengidentifikasi unsur dan sifat balok dan kubus, menggulung model kubus/balok untuk menemukan jaring-jaring kubus/balok, menyelesaikan soal di “Seeker Card”, mengerjakan dan mempresentasikan hasil kerja LKS secara berkelompok,  menuliskan refleksi selama mengikuti pembelajaran di “Reflection Card”, dan menyanyikan lagu “Cuboid and Cube”.Makalah ini merupakan bagian dari  hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang melibatkan kecerdasan majemuk pada materi balok dan kubus untuk kelas VIII SMP.

Kata kunci: kecerdasan majemuk (multiple intelligences), balok dan kubus, kelas VIII RSBI-SMP.

Untuk membaca artikel ini, selengkapnya dapat diklik di sini.

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on December 24, 2011, in Articles and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: