Desain Pembelajaraan PMRI 1: Kompetisi Jalan Cepat sebagai Konteks untuk Membelajarkan Hubungan Jarak, Waktu, dan Kecepatan di Kelas V SD

Ahmad Wachidul Kohar1,Fanni Fatoni2,Wisnu Siwi Satiti3

IMPoME, Sriwijaya University, 2012

(1bangwachid@gmail.com,2fan_math05@yahoo.co.id,3wisnu.siwi@gmail.com)

Dalam kehidupan sehari-hari, matematika dapat  digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh manusia.  Seperti contoh kegiatan berjalan menuju suatu tempat yang lain yang menimbulkan beberapa pertanyaan bagi siswa misalnya berapa banyak kecepatan yang dibutuhkan untuk berjalan menggunakan sepeda menuju sekolah, berapa waktu yang dibutuhkan dalam kecepatan tersebut merupakan suatu hal yang sering ditemukan oleh siswa. Namun, beberapa siswa menganggap bahwa matematika merupakan salah satu pelajaran yang sulit. Sehingga hal ini menyebabkan siswa enggan untuk mempelajari matematika. Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk memotivasi siswa untuk belajar matematika adalah berusaha untuk mendekatkan matematika dengan dunia nyata.

Materi jarak, waktu, waktu, dan kecepatan merupakan salah satu topik yang menarik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, peneliti mencoba mendesain kegiatan pembelajaran untuk mengajarkan hubungan kecepatan dan jarak serta kecepatan dan waktu (Kelas 5 SD) melalui lomba jalan cepat dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Realistik Matematika Indonesia (PMRI).

Penggunaan PMRI sebagai salah satu strategi mendekatkan matematika dengan dunia nyata dimana merupakan suatu bentuk aktivitas manusia yang berhubungan dengan aktivitas kegiatan sehari-hari. Deskripsi tentang proses pembelajaran bagaimana siswa menemukan definisi kecepatan akan diuraikan pada bagian selanjutnya.

Untuk selengkapnya unduh file di bawah ini:

versi bahasa Indonesia (unduh)

versi Bahasa inggris (unduh)

About these ads

About Bang Qohar

I'm Wachid. I'm Indonesian. I'm interested in educating children, especially in mathematics learning. I believe that mathematics could be well built to children for better life. I graduated from Mathematics Education of State University of Surabaya. I am studying Mathematics Education for my magister degree focusing on Realistics Mathematics Education.

Posted on November 12, 2012, in Class Observation, Realistics Mathematics Education. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,179 other followers

%d bloggers like this: